Pengecekan Tata Bahasa di LibreOffice 3.5 Lebih Tajam

The Document Foundation (TDF) merilis LibreOffice 3.5.0 untuk Windows, Linux dan Mac OS X. Versi baru ini melanjutkan rencana pengembang untuk melakukan perbaikan iteratif aplikasi perkantoran bebas ini dengan perbaikan di banyak area di tiap rilis mayor. Meskipun tidak ada satupun yang dapat disebut sebagai perbaikan mayor, arus perbaikan yang lancar dikombinasikan dengan perbaikan kode telah membuat beberapa masalah stabilitas dalam jangka pendek tetapi mengarah ke aplikasi perkantoran bebas yang sepenuhnya baru dan lebih baik, hal tersebut disampaikan salah satu direktur TDF dan pengembang Red Hat, Caolán McNamara.

Di rilis versi 3.5 ini, pengolah kata memiliki pengecek tata bahasa baru untuk Bahasa Inggris dan beberapa bahasa lain, tipografi yang lebih baik, jendela penghitungan jumlah kata interaktif yang melakukan update secara real time, header/footer baru dan antarmuka pengguna untuk page break. Elemen presentasi, Impress dan Draw sekarang bisa mengimpor dari Microsoft Visio dan lebih baik menangani shape custom impor dari dokumen PowerPoint. Spreadsheet calc sekarang bisa menangani sampai 10.000 sheet di sebuah spreadsheet dan memiliki performa yang lebih baik ketika melakukan impor dari aplikasi perkantoran lainnya. Calc juga memiliki sebuah input baru multi baris yang memudahkan untuk melakukan pengeditan formula yang kompleks. Fungsi Spreadsheet sekarang sesuai dengan spesifikasi OpenFormula milik ODF. Database Manager LibreOffice, base, mendapat dukungan driver PostgreSQL native. Informasi lebih lanjut mengenai perubahan yang ada dapat anda baca di halaman fitur-fitur dan perbaikan versi 3.5.

Perubahan lainnya di LibreOffice 3.5 ini adalah pengecek update online yang akan memberikan notifikasi ketika sebuah versi baru tersedia dinyalakan untuk pertama kalinya. Di versi-versi LibreOffice sebelumnya, pengguna enterprise direkomendasikan menunggu hingga beberapa revisi minor sampai dianggap siap untuk penggunaan enterprise.

Italo Vignoli, direktor TDF menjelaskan kepada The H bahwa mulai versi 3.5 ini flag “enterprise ready” dibatalkan, meskipun demikian sangat disarankan untuk melakukan tes piranti lunak ini sebelum deployment meluas diperusahaan. Rilis 3.5 ini dianggap cukup matang untuk diterapkan di lingkungan korporat tanpa harus menemui bug kritis yang berarti. Kalau anda ingin lebih berhati-hati, versi 3.5.1 akan dirilis bulan Maret dan rilis sebelumnya akan tetap didukung.

LibreOffice 3.5.0 tersedia untuk diunduh baik untuk Windows 32-bit maupun 64-bit, Linux (rpm dan deb) dan Mac OS X. Anda dapat membaca catatan rilis untuk informasi lebih detail mengenai rilis ini. LibreOffice dilepas dibawah lisensi LGPL3.

Via :

2 thoughts on “Pengecekan Tata Bahasa di LibreOffice 3.5 Lebih Tajam

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *