Fedora Membatalkan (kembali) Penggunaan Btrfs ?

Proyek Fedora kembali membatalkan rencana untuk membuat Btrfs menjadi file sistem default pada rilis Fedora 17. Pengembang memundurkan rencana tersebut untuk Fedora 18. Keputusan ini dibuat berdasarkan sebuah amandemen di halaman rencana untuk Fedora 17 di wiki Fedora, sebuah tiket di sistem pelacakan Fedora Engineering Steering Committee (FESCo). Distro yang direncanakan akan dirilis bulan Mei tahun ini akan mempertahankan Ext4 sebagai filesistem default.

Menurut tiket steering committee, Anaconda, program instalasi yang digunakan oleh Fedora belum mendukung penuh Btrfs. karena itu tidak memungkinkan untuk melakukan modifikasi disk dan filesystem secara interaktif menggunakan tool partisi milik Anaconda.

Pengembang Josef Bacik, yang menggarap Btrfs di kernel Linux dan Fedora untuk Red Hat, mengindikasikan bahwa dia bisa menghilangkan pembatasan ini di Fedora 18 tetapi dia menyerah dari rencana awalnya untuk menggunakan Btrfs sebagai file system default untuk Fedora 17, dan akan berusaha mencapai tujuan ini di Fedora 18.

Keterbatasan yang dimiliki Anaconda ini merupakan salah satu dari berbagai faktor yang ada dibalik keputusan ini. Sebelumnya Bacik telah menjelaskan di mailing list pengembang Fedora bahwa dia tidak lagi mengejar rencana ini. Selain itu di email terpisah pada tanggal 7 Februari lalu, Bacik menyebutkan bahwa btrfsck, program pengecekan dan perbaikan filesystem untuk Btrfs yang sudah lama ditunggu akan dirilis segera. Ketersediaan tool ini merupakan prasyarat bagi Btrfs untuk dijadikan filesystem default Fedora 17 dan ini merupakan salah satu faktor dibalik keputusan untuk membatalkan pengenalan filesystem ini.

Tidak adanya tool pengecekan dan perbaikan filesystem ini merupakan salah satu alasan Btrfs gagal menjadi file system utama Fedora 16. Belum ada pengumuman mengenai tool fsck untuk Btrfs akan muncul beberapa hari kedepan meskipun beberapa perubahan untuk Btrfsck telah digabungkan di repositori git, selain itu koleksi utility Btrfs, btrfs-progs juga telah ditambahkan.

Belum ada pengumuman resmi dari Proyek Fedora mengenai apakah rencana menggunakan Btrfs sebagai filesystem default akan dibatalkan tetapi ini merupakan praktek standard di tiap siklus pengembangan dimana fitur yang kurang siap akan ditinggalkan terlebih dahulu.

Via :

5 thoughts on “Fedora Membatalkan (kembali) Penggunaan Btrfs ?

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Aditya Hilman

  4. Pingback: boy

  5. Pingback: Rangkuman LinuxBox.Web.id – 13 – 19 Februari 2012 | Entahlah…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *