Deltacloud Menjadi Proyek Apache Level Utama

Proyek Apache Deltacloud, yang sudah di melalui masa inkubasi di Apache sejak dikontribusikan pada bulan Mei 2012 oleh Red Hat telah menjadi proyek level utama Apache. Deltacloud merupakan sebuah definisi API REST untuk melakukan interaksi dengan penyedia layanan cloud. Deltacloud juga menyertakan implementasi server API untuk layanan cloud populer seperti Amazon, Eucalyptus, GoGrid, Microsoft, OpenStack dan Rackspace. Juga disediakan pustaka klien untuk Ruby, C dan C

Deltacloud dipilih dan diluluskan sebagai proyek level utama pada bulan Oktober 2011, alasan kenapa pengumuman baru dilakukan sekarang belum jelas, tetapi beberapa proyek memerlukan waktu untuk memigrasi infrastruktur ke level utama.

Deltacloud merupakan proyek API manajemen cloud kedua yang diangkat menjadi proyek level utama Apache Software Foundation. Pada bulan Mei 2011, proyek Apache Libcloud juga menjadi proyek level utama dengan implementasi berbasis Python API untuk layanan cloud yang independen terhadap vendor manapun. Apache Libcloud menggunakan berbagai backend yang didukung untuk menerjemahkan API yang dimiliki ke layanan target.

Baik Deltacloud maupun libcloud merupakan salah satu dari berbagai usaha untuk membuat API terstandardisasi untuk melakukan interaksi dengan Cloud IaaS (Infrastructure-as-a-Service). Layanan lainnya termasuk sebuah layanan bus dari Open Source Business Foundation, sebuah panduan dan standard untuk portabilitas cloud dari IEEE dan Inisiatif OASIS yang diberi nama TOSCA (Topology and Orchestration Specification for Cloud Applications). Deltacloud sendiri ditawarkan ke DMTF (Distributed Management Task Force) sebagai standard potensial pada tahun 2010.

Deltacloud dapat anda unduh dan install. Deltacloud dilepas dibawah lisensi Apache 2.0.

Via :

3 thoughts on “Deltacloud Menjadi Proyek Apache Level Utama

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: boy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *