Peramban Web Baru Untuk Open webOS HP

Setelah merilis elemen pertama sistem operasi mobile webOS sebagai open source pada akhir Januari, HP mengambil langkah lebih lanjut membuat platform open source yang sepenuhnya terbuka. HP sudah membuat widget antarmuka pengguna untuk Enyo 2, Framework HTML 5 yang sudah dirilis pada bulan Januari kemarin. Mereka juga sudah merilis peramban web Isis baru yang merupakan implementasi QtWebKit browser milik Nokia dan parser JavaScript JavaScriptCore. HP juga mengumumkan detail model pengaturan platform webOS untuk pengembangan platform webOS dimasa yang akan datang.

Pengembang webOS memodelkan struktur pengaturan mereka dnegan prinsip meritocracy seperti yang digunakan oleh Apache Software Foundation. Secara singkat ini berarti bahwa yang melakukan kontribusi terbesar ke proyek dapat menggunakannya pengaruh terbesarnya untuk proses pengembangan. Pada akhirnya semua akan dapat berkontribusi ke pengembangan sistem operasi ini tetapi HP akan melakukan seluruh commit selama periode transisi.

Beberapa sub-proyek akan memiliki Komite Manajemen Proyek / Project Management Committee (PMC) sendiri yang bertanggungjawab untuk rilis. Akan ada board yang memimpin pengembangan webOS secara keseluruhan yang akan didukung oleh sub proyek dan menangani kebutuhan infrastruktur, legal dan branding. HP akan mengumumkan anggota board komunitas pada bulan April. Pemimpin proyek saat ini adalah Sam Greenblatt yang merupakan CTO HP untuk webOS.

Menurut Jadwal, HP berencana merilis versi 1.0 open webOS pada bulan September. Banyak yang tertarik terhadap open webOS, ini diindikasikan dengan sekitar 40.000 download untuk Enyo yang telah dicatat sejak kode sumber dirilis tiga pekan lalu. Peramban web Isis sesuai dengan standard HTML 5 dan CSS 3 dan pengumuman yang ada menyebutkan bahwa aplikasi ini merender halaman web lebih cepat daripada kompetitornya. Peramban web ini juga mendukung Flash dan Netscape Plug-in API (NPAPI). Seperti kode Enyo, kode sumber Isis tersedia di repositroi GitHub dan dilepas dibawah Lisensi Apache2.0.

Via :

3 thoughts on “Peramban Web Baru Untuk Open webOS HP

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Rangkuman LinuxBox.Web.id – 13 – 19 Februari 2012 | Entahlah…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *