Pengembang Menghargai Debian £12.1 Milyar

Sebuah analisis yang dilakukan oleh pengembang Debian dan CPAN James Bromberger menyimpulkan bahwa dibutuhkan biaya sekitar $19.1 milyar (£12.1 milyar) untuk mengembangkan dari awal piranti lunak yang sekarang disertakan di Debian Wheezy (7.0). Untuk analisis ini, pengembang menggunakan program Sloccount untuk menghitung baris kode sumber piranti lunak yang ada di Wheezy dan kemudian menghitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk menggaji penggembang dengan gaji rata-rata menulis baris kode sebanyak 420 juta baris tersebut.

Analisis yang dilakukan Broomberger dibuat berdasarkan rata-raga gaji sebesar $72.533 (yang diambil dari nilai tengah estimasi dari Salary.com dan PayScale.com) dan mengasumsikan level kompleksitas kode “standard”. Dalam contoh lainnya, Broomberger menyatakan bahwa kernel versi 3.1.8 menyertakan 10 juta baris kode dan akan membutuhkan dana 540 juta dolar menurut metode perhitungannya, dan jika dianggap kompleks, biayanya akan menjadi 1.877 juta dolar.

Pengembang juga menyertakan analisis yang berbeda yang dilakukan tahun 2011 menyimpulkan bahwa kernel saat ini berharga lebih dari 3 Milyar Dolar. Pernyataan ini menggaris bawahi potensi ketidak akuratan dan samarnya analisis seperti ini.

Bromberger juga melihat ke berbagai proyek dan menyimpulkan bahwa mengembangkan Samba 3.6.1 dari awal akan membutuhkan biaya 101 juta dolar sementara Apache 2.2.9 membutuhkan biaya 33.5 juta dolar. Pengembang juga melakukan analisis bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan piranti lunak Debian. ANSI C memimpin dengan bagian 40%, diikuti C 20% dan Java 8%.

Via :

2 thoughts on “Pengembang Menghargai Debian £12.1 Milyar

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *