Kotlin Sebagai Alternatif Java Di-Open-Source-kan

Alternatif bahasa pemrograman Java milik JetBrains, , yang telah dikembangkan oleh perusahaan ini sejak tahun 2010 dan diumumkan pada bulan Juli 2011 sekarang di-opensource-kan dan dirilis dibawah lisensi Apache 2. Tool yang dirilis termasuk kompiler kotlin, “Kompiler”, kumpulan perbaikan pustaka Java standard seperti utiliti umum untuk JDK Collections, build tools (untuk Ant, Maven dan Gradle), dan sebuah plugin IntelliJ IDEA sehingga bisa digunakan di IDE buatan JetBrans ini.

Kotlin sendiri merupakan bahasa dengan tipe statik yang bisa dikompilasi menjadi bute code Java JVM atau JavaScript. Didesain agar lebih aman dibandingkan pengecekan statik milik Java untuk masalah seperti dereferensi pointer null, dan lebih ringkas dibandingkan Java dengan menyertakan simpulan tipe (type inference), fungsi orde tinggi, mixins dan delegasi.

Pengembang juga menjelaskan bahwa tujuan mereka adalah untuk membuat cara yang lebih sederhana dibadingkan kompetitor paling matang, Scala. Pengembang telah mempublikasikan perbandingan dan untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai desain bahasa mereka

Sebuah demo Kotlin berbasis web memungkinkan pengembang untuk melakukan eksperimen dengan bahasa tersebut dari peramban web yang mereka miliki.

Saat ini Kompiler hanya menghasilkan byte code JVM, JetBrains memulai mengembangkan backend JavaScript dan berencana membuat backend LLVM dimasa yang akan datang. Pengembang JetBrains mencari kontributor untuk bergabung dengan proyek tersebut baik bekerja secara langsung dengan kode Kotlin ataupun memperbaiki pustaka Java lainnya dan membuatnya “Ramah Kotlin”.

Build snapshot tersedia untuk diunduh dari repositori github proyek. Kode sumber juga dapat di check out dari repositori yang sama.

Nama Kotlin diambil dari nama sebuah pulau di Rusia disebelah barat Saint Petersberg; JetBrains memiliki kantor pengembangan utama di kota tersebut.

Via :

2 thoughts on “Kotlin Sebagai Alternatif Java Di-Open-Source-kan

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *