Firefox 10 Hadir Membawa Transformasi CSS 3D

Mozilla Firefox versi 10 telah dirilis, salah satu fitur mayor yang disertakan pada rilis kali ini adalah dukungan untuk transformasi CSS 3D yang membuat desainer halaman web untuk dapat memposisikan elemen dalam space tiga dimensi. Sebelumnya transformasi CSS 3D hanya ada di browser berbasis WebKit. Fungsi lain transformasi CSS 3D ini adalah untuk membuat animasi terhadap elemen halaman. Beberapa contoh diberikan di posting blog mozilla hacks.

Grafik WebGL akan terlihat lebih halus di Firefox 10 dengan penambahan anti-aliasing. Perubahan yang akan lebih nampak bagi pengguna adalah tombol forward di navigation bar sekarang hanya akan muncul ketika pengguna melakukan navigasi ke halaman sebelumnya. Hilangnya tombol forward hanya akan bekerja pada ikon toolbar ukuran normal, jika kita memilih ukuran kecil maka tombol forward akan selalu tampil seperti biasanya. Di Firefox 10 juga dikenalkan API Fullscreen dimana pengembang aplikasi web bisa mengambil alih display untuk games atau aplikasi lain yang membutuhkan kemampuan mengambil alih seluruh layar

Dukungan HTML5 di Firefox 10 menambahkan elemen untuk teks bi-direksional dan dukungan IndexedDB yang menurut pengembang mendekati spesifikasi yang ada. Pengembang akan mendapati tool inspeksi sekarang melakukan highlight konten dan memasukkan inspektor Style CSS. Bug yang menyebabkan crash ketika melakukan pemindahan bookmark sudah dihilangkan.

Silent update yang direncanakan Mozilla masih dalam pengerjaan sehingga kita masih harus berinteraksi dengan firefox untuk melakukan update. Perubahan saat update saa ini adalah add-on dan theme diasumsikan berfungsi dan bukan tidak berfungsi seperti versi firefox sebelumnya. Dengan asumsi ini ekstensi yang familiar bagi pengguna tidak akan dimatikan. Silent update diharapkan akan selesai pertengahan tahun dengan hadirnya Firefox 13.

Masalah yang sudah diketahui untuk Firefox 10 ini salah satunya berkaitan dengan nomor versi dua digit. beberapa situs melakukan pengecekan user-agent string dan mengasumsikan nomor versi browser 1 digit. Pengembang Mozilla melakukan perburuan untuk situs-situs yang menggunakan asumsi ini dan menawarkan saran bagi pengembang webuntuk membantu mereka melakukan pengecekan situs mereka.

Informasi lebih detail dan masalah yang telah diketahui tersedia di catatan rilis. Firefox 10 dapat anda unduh dari halaman unduhan utama dimana sistem operasi dan bahasa dipilih otomatis sesuai sistem operasi dan bahasa yang ada di sistem kita. Apabila anda membutuhkan Firefox dalam bahasa dan sistem operasi lain anda dapat mengunjungi halaman versi lokal dan memilih versi yang anda butuhkan

Via :

3 thoughts on “Firefox 10 Hadir Membawa Transformasi CSS 3D

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Rangkuman Linuxbox.web.id – 30 januari – 3 Februari 2012 | Entahlah…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *