Fedora 17 Mendapatkan Dukungan Untuk Eucalyptus, OpenStack dan hotspot

Fedora Engineering Steering Committee (FESCo) Melakukan pertemuan eberapa hari lalu dan menyetujui beberapa fitur baru untuk Fedora 17 yang direncanakan akan dirilis awal Mei.

Ketika melakukan migrasi sistem guest KVM pada sistem live, sebagai contoh distribusi ini akan bisa memigrasik image disk sistem ke host sistem baru. Fitur ini yang dikenal sebagai live block migration, penting bagi virtualisasi dan sangat mungkin tahun depan akan dikenalkan di Red Hat Enterprise Linux setelah menjalani testing di Fedora.

Fedora committee juga mengadopsi dua fitur berkait KVM lainnya dalam bentu perbaikan untuk thin provisioning dan dukungan untuk monitoring performa pada sistem guest. Teknologi cloud lanjutan, dalam bentuk aplikasi IaaS Cloudstack dan platform infrastruktur CLoud Eucalyptus, juga telah ditambahkan. Meskipun masih under dalam pengembangan, beberapa pengembang Red Hat developers juga telah melakukan usaha ntuk mengintegrasikan komponen OpenStack “Essex”.

Beberapa fitur baru yang menarik untuk pengguna harian juga telah disetujui termasuk dukungan untuk manajemen warna menggunakan colord di CUPS, manajemen power yang lebih baik, dukungan hotspot yang lebih baik di NetworkManager, dan penggunaan daemon firewall firwalld yang dapat dikonfigurasi lewat D-BUS.

Pekan lalu, Fedora committee juga memberi lampu hijau pada pengembang untuk menyertakan dukungan ext4 untuk drive yang lebih besar dari 16TB dan update Ruby ke versi 1.9.3.

Tenggat untuk mengirimkan perubahan mayor bagi Fedora 17 sudah ditutup, kecuali untuk satu dua kasus tertentu daftar fitur baru tidak akan diubah setelah 19 perubahan yang disetujui oleh Fedora Commitee ditambahkan. Daftar ini berkembang pesat beberapa bulan belakangan dan memasukkan fitur seperti menggunakan btrfs sebagai file system default, menggunakan GCC 4.7 dan dukugan multitouch untuk X Server.

Beberapa fitur-fitur ini dapat diundur ke versi selanjutnya jika tidak siap tepat waktu. Btrfs akan menjadi filesystem default jika tool untuk testing filesystem btrfs tersedia sebelum tenggat feature freeze pertengahan Maret. Versi alpha Fedora 17 dijadwalkan dirilis akhir februari dengan beta dijadwalkan awal April.

Via :

5 thoughts on “Fedora 17 Mendapatkan Dukungan Untuk Eucalyptus, OpenStack dan hotspot

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Rangkuman Linuxbox.web.id – 30 januari – 3 Februari 2012 « POJOK LINUX

  4. Pingback: Rangkuman Linuxbox.web.id – 30 januari – 3 Februari 2012 « Nixfamily’s Blog

  5. Pingback: Rangkuman Linuxbox.web.id – 30 januari – 3 Februari 2012 « sumodirjo's (Muhammad Panji) BookMark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *