Persiapan Rilis Wayland 1.0

Tim pengembang Wayland sedang bekerja keras dalam rangka rilis versi 10 pustaka protokol Wayland dan referensi kompositor Wayland bernama Weston. Dalam sebuah wawancara dengan organizer konferensi open sourceFOSDEM, pembuat dan pengembang utama Wayland, Kristian Høgsberg menjelaskan bahwa dengan rilis komponen komponen ini, sistem display baru ini dapat dianggap sebagai penerus X11 dan akan melepas status eksperimental yang sekarang masih melekat. Høgsberg akan memberikan presentasi mengenai status pengembangan Wayland di konferensi FOSEDM yang akan berlangung tanggal 4-5 Februari ini.

Pengembang Wayland juga menjelaskan dengan rilis Wayland 1.0, komponen inti dan API developer Wayland akan dianggap stabil. Høgsberg juga menyebutkan meskipun Qt dan GTK sudah mendukung Wayland, dukungan ini masih dalam proses pengerjaan. Sebagai contoh saat ini pengembang sedang menggarap beberapa gap yang masih ada di dukungan GTK . Høgsberg, yang saat ini bekerja di Intel juga menjelaskan bahwa dia memilih lisensi MIT untuk kode yang awalnya dilisensi GPLv2 dan LGPLv2, dia memilih lisensi yang lebih terbuka untuk membuat adopsi leih mudah. Dia juga menjelaskan bahwa memport Wayland ke turunan UNIX lainnya sangat memungkinkan jika komponen infrastruktur dasarnya mirip Linux.

Ubuntu dan banyak distribusi Linux lainnya sudah menyatakan niat mereka dalam jangka panjang untuk berpindah dari X11 ke Wayland. AMD dan NVIDIA sampai saat ini belum merespon apakah kedepannya akan lebih fokus ke Wayland karena driver kartu grafis proprietari milik mereka hanya bekerja dengan X11 dan tidak dengan Wayland. Versi terbaru kernel Linux dan Mesa 3D dan driver open source untuk kartu grafis AMD, Intel dan NVIDIA seharusnya dapat bekerja dengan Wayland.

Via :

2 thoughts on “Persiapan Rilis Wayland 1.0

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *