Pentaho Membuka Kettle

Pentaho mengumumkan bahwa mereka berencana melepas proyek Pentaho Kettle dibawah lisensi Apache 2.0. Kettle merupakan sebuah engine ETL (Extraction, Transformation and Loading) dan juga nama proyek dimana engine ETL ini menjadi komponen utamanya.

Kettle, sebagai proyek, menyertakan distribusi PHD (Pentaho Hadoop Node) dimana engine kettle dipaketkan untuk berjalan di kluster Hadoop dimana transformasi dapat dilakukan sebagai pekerjaan map atau reduce atau dikombinasi dan mengambil kelebihan clustering Hadoop. PHD nantinya tidak diperlukan karena Kettle didesain untuk berubah menggunakan Hadoop distributed cache. Kettle dapat beroperasi sebagai engine ETL dengan Cassandra, Hadoop HDFS, Hadoop MapReduce, Hadapt, HBase, Hive, HPCC System dan MongoDB.

Proyek Kettle juga menyertakan Spoon, aplikasi desktop untuk mendesain transformasi dan pekerjaan ETL secara visual, Pan dan Kitchen, program command line untuk melakukan transformasi dan eksekusi pekerjaan dan Carte, server web untuk mengeksekusi transofrmasi dan pekerjaan yang digerakkan oleh XML. Juga ada sebuah desainer laporan dan server integrasi data di proyek Kettle. Kombinasi platform dan tool ini akan memungkinkan pengembang mengekstrak dan me load data relasional secara parallel kedalam sebuah Hadoop HDFS tanpa menulis sebaris kode pun. Kettle, Map/Reduce dan tool dikenalkan di video dari Pentaho

Informasi lebih detail mengenai Pentaho Kettle tersedia dari home page dimana video lanjutan dan how-to disediakan beserta dengan preview build klien Kettle 4.3, Hadoop Node Distribution dan Report Designer (semua tersedia baik unuk Windows, Mac dan Linux. Sebuah kandidat rilis untuk Kettle 4.3 direncanakan dirilis akhir Februari dan rilis stabil akan dikeluarkan akhir Maret.

Via :

One thought on “Pentaho Membuka Kettle

  1. Pingback: lnxbox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *