ownCloud Mencapai Versi 3.0

Tim pengembang ownCloud merlis versi 3.0 piranti lunak sinkronisasi data ini. ownCloud membuat pengguna dapat mengatur dan melakukan sinkronisasi data pribadi (alamat, pertemuan, musik, foto, bookmark, file) diantara berbagai device. Pengembang ownCloud merekomendasikan aplikasi mereka sebagai alternatif layanan yang sudah ada seperti Dropbox, iCloud milik Apple dan HiDrive milik Strato karena menurut para pengembang pengguna tidak harus percaya pada penyedia layanan untuk menyimpan data pengguna.

Tambahan di ownCloud 3.0 memasukkan sebuah galeri foto dan sebuah PDF viewer terintergasi. Sebuah editor online baru sekarang memungkinkan grup pengguna mengedit dokumen teks secara bersama-sama. Proram yang berbasis Ace, memiliki fitur syntax highlighting untuk 35 bahasa pemrograman, mengenali shortcut keyboard, dan melakukan indentasi otomatis serta code folding. Pengembang menjelaskan bahwa mereka masih ingin menambahkan dukungan untuk tipe file Microsoft Word dan Open/LibreOffice dan memasukkan sebuah klien sync agar pengguna dapat bekerja secara offline.

Kalendar yang memiliki antarmuka baru sekarang mengenali zona waktu dan dapat membuat pertemuan yang berulang. Gambar dapat ditambahkan ke kontak. ownCloud 3.0 mengekspor alamat individual dan seluruh buku alamat sebagai file vCard, dan pengguna sekarang dapat menggunakan beberapa buku alamat. Dukungan telah diperbaiki untuk LDAP dan Active Directory. Sebuah fitur logging membuat proses setup lebih mudah.

ownCloud dapat anda unduh dibawah lisensi Affero GPL 3.0 dan dapat di install di server Linux apapun dengan web server Apache dan database MySQL atau Sqlite serta PHP 5.3 atau yang lebih baik. Terdapat instruksi mengenai bagaimana mengkoperasikan di server sendiri maupun di server hosting. Sebuah menyediakan tinjauan singkat mengenai ownCloud. Pengembang mendirikan sebuah startup beberapa pekan lalu dan berencana untuk merilis sebuah versi bisnis dengan dukungan teknis pada bulan Maret.

2 thoughts on “ownCloud Mencapai Versi 3.0

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *