Android : Selamat Tinggal Tombol Menu

Dengan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), Google menginginkan pengembang aplikasi untuk menghilangkan dependensi terhadap tombol menu yang ada didevice saat ini. Pengembang diminta untuk melakukan migrasi aplikasi mereka untuk menggunakan kelas ActionBar yang dikenalkan di Android 3.0. Scoot Main menulis di blog Android Developers bahwa ini akan membantu memastikan pengalaman pengguna yang konsisten karena Ice Cream Sandwich tersedia di lebih banyak device. Android 3.0 atau lebih baru saat ini hanya berjalan di 3.9% dari seluruh device Android

Kalau aplikasi dikembangkan untuk Android 2.3 atau yang lebih baru dan berjalan di Android 3.0 atau yang lebih baru sebuah ikon dengan tiga titik akan ditampilkan di bagian kanan action baru. Ini merupakan “action overflow”, yang dapat digunakan untuk mengakses aksi yang dapat ditampilkan menggunakan tombol fisik.

Ikon ini juga akan muncul jika aplikasi tidak menggunakan menu options, dimana perilaku ini membingungkan untuk pengguna dan merupakan alasan tambahan untuk melakukan update terhadap aplikasi lama.

Di posting blog tersebut, Main memberikan sebuah potongan kode sederhana untuk mendemonstrasikan pekerjaan yang dibutuhkan untuk memigrasi dari tombol menu lama ke action baru baru. tetapi proses ini juga membutuhkan keterlibatan pengembang untuk menempatkan aksi dan opsi di antarmuka. Detail panduan pengembang untuk action bar juga tersedia untuk anda.

Via :

4 thoughts on “Android : Selamat Tinggal Tombol Menu

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Ngoprek Sampai Mati :: Rangkuman Linuxbox.web.id - 30 januari - 3 Februari 2012 :: February :: 2012

  4. Pingback: Rangkuman Linuxbox.web.id – 30 januari – 3 Februari 2012 « POJOK LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *