KDE SC 4.8 Hadir Dengan Manajemen Power Yang Lebih Baik

Sesuai rencana, pengembang KDE telah merilis versi 4.8.0 KDE Software Compilation (KDE SC). Update mayor tergadap K Desktop Environment open source ini termasuk perubahan pada Platform KDE itu sendiri dan juga dan Workspaces Plasma .

Perubahan penting pada rilis ini diantaranya KDE Power Management System yang didesain ulang dimana antarmuka penggunanya disederhanakan dan tidak lagi tergantung pada profil yang dibuat pengguna. User ditawari tiga preset yaitu ON AC Power, On Battery dan On Low Batery. Power management sekarang juga mengetahui adanya multi screen dan aktivitas pengguna dan dapa dikonfigurasi sebegai contoh untuk tidak mematikan display ketika user sedang menampilkan foto atau video.

KWin Plasma window manager dan composer telah dioptimisasi untuk performa yang lebih baik dan Window Switcher yang biasanya dimap ke Alt-Tab, sekarang memiliki enam layout yang dapat dipilih untuk menampilkan window yang tersedia. Widget Plasma berbasis Qt Quick pertama juga terlah dimasukan ke Plasma Workspace secara default.

Manajer file Dolphin di KDE SC 4.8.0 disebut-sebut lebih cepat dan lebih cantik karena adanya engine display baru yang mampu bekerja lebih baik dengan direktori dengan ukuran besar dan tidak lagi memotong penampilan nama file. Penampil gambar dan foto Gwenview juga telah dituning untuk meningkatkan kemudahan penggunaan dengan area navigasi translucent yang membuat scrolling lebih mudah ketika melakukan zoom-in

Editor teks KATE memiliki fitur-fitur baru seperti plugin Search & replace dan penampil dokumen Okular sekarang memiliki fitur pemilihan teks lanjutan. Marble virtual globe telah diperbaiki dengan integrasi KRunner dan kemampuan untuk melihat profil elevasi, melacak satelit dan mengimpor file OpenStreetmap dalam format vector.

KSecretService sekarang menyertakan storage password bersama yang mengizinkan aplikasi lain untuk mengakses password tersimpan. Versi beta pertama, versi 0.3 “Ninja”, klien instant messaging (IM) Telepathy untuk KDE, sebagai bagian dari proyek Real-Time Communication and Collaboration (RTTC) juga dimasukkan kedalam rilis.

Informasi lebih detail mengenai desktop manajer Linux dan UNIX ini dapat anda baca di pengumuman rilis dan di Halaman Info KDE SC 4.8.0.

Paket Binari untuk berbagai distribusi Linux dan kode sumber tersedia untuk diunduh dari situs web proyek.

Pengguna disarankan menggunakan Qt versi 4.7.4 atau 4.8.0 untuk mendapatkan pengalaman maksimal menggunakan rilis ini. KDE dirilis dibawah lisensi kombonasi LGPLv2, BSD, MIT dan X11 untuk pustaka inti dan GPLv2 dan GPLv3 untuk aplikasi.

Via :

2 thoughts on “KDE SC 4.8 Hadir Dengan Manajemen Power Yang Lebih Baik

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *