Framework Dashboard JavaScript jSlate Di-OpenSource-kan

Rasmus Berg Palm merilis Framework Dashboard berbasis JavaScript jSlate sebagai aplikasi open source dengan lisensi GPLv3. jSlate mengizinkan pengguna untuk membuat dashboard yang mengambil data mereka dari layanan apapun yang dapat diakses lewat web. Sistem ini, yang berjalan sebagai service di situs web jslate.com, membuat pengguna bisa membuat visualisasi dashboard berbasis Highcharts JS pustaka JavaScript grafik interaktif dan D3 data-driven documents. Tiap elemen dashboard direpresentasikan sebagai sebuah jendela yang berisi visualisasi dan dibelakang tiap-tiap jendela tersebut ada skrip JavaScript yang dapat di edit oleh pengguna untuk mengkustomisasi penuh grafik tersebut sesuai kebutuhan.

Berg Palm menjelaskan kepada The H bahwa proyek ini berakar ke proyek Nomnom miliknya pursbonus.net yang membuat dan mengagregasi serta membuat visualisasi data tentang festival Roskilde dimana dia menjadi sukarelawan di grup “sysadmin/devops group”. Nomnom mirip jSlate tetapi menggunakan couchdb sebagai backend dan mengharuskan data disimpan dalam bentuk yang mudah divisualisasikan

Berg Palm ingin membuat sesuatu yang dapat bekerja sebagai slate kosong, mampu bekerja dengan media penyimpanan atau sistem Business Inteligence yang telah dimiliki orang. Setelah mengembangkan Nomnom dia mengembangkan jSlate yang tidak meggunakan backend spesifik. Dia telah menggunakan jSlate untuk melakukan visualisasi informasi ditempat kerja dan telah puas dengan kondisi saat ini.

Berg juga menambahkan bawa dia meninggalkan beberapa fitur yang sulit diimplementasikan pada rilis pertama ini dan berharap sebagai proyek open source fitur-fitur yang penting tersebut akan sulit untuk diabaikan oleh pengguna. Dia juga berharap karena pengguna harus mengerti mengenai JavaScript maka diharapkan pengguna akan berkontribusi ke proyek ini.

Via :

3 thoughts on “Framework Dashboard JavaScript jSlate Di-OpenSource-kan

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Linuxbox.web.id – Rangkuman Berita Linux & Open Source – 23 Januari – 27 Januari 2012 | Entahlah…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *