Perancis Meluncurkan Portal Open Data

Pemerintah perancis meluncurkan versi beta portal open data dibawah domain data.gouv.fr. Menurut pengumuman dari pemerintah perancis yang direferensikan oleh komisi Eropa Joinup, situs web ini dilancurkan pada tanggal 5 Desember 2011, membuat data pemerintahan tersedia ke publik bebas biaya dan tanpa pembatasan. Portal ini sekarang menyediakan akses ke sekitar 350.000 catatan pemerintahan, termasuk anggaran untuk tahun 2011 dan 2012, data kualitas udara, rangkuman kecelakaan yang menyebabkan luka pribadi, data geografis dan lebih dari 3.000 stasiun kereta api dan jua katalog perpustakaan nasional Perancis.

Data yang dipublikasikan di data.gouv.fr dirilis dibawah lisensi open Lisence (License Ouverte) yang mengizinan data untuk digunakan untuk kepentingan apapun. Sebagian besar data disediakan dalam format .xls dan .csv yang mudah diproses. Bisnis, peneliti dan warga negara diajak untuk mengembangkan penggunaan baru dari data publik ini.

Tujuan dari inisiatif ini adalah untuk meningkatkan transparansi agensi pemerintahan dengan memberikan publik akses ke data yang digunakan oleh pemerintahan yang digunakan sebagai dasar untuk pembuatan keputusan. Pemerintah perancis juga berharap bahwa ketersediaan data ini akan memicu pengembangan jenis bisnis baru. Portal open data milik pemerintah Perancis ini merupakan salah satu dari sejumlah negara yang memiliki inisiatif open data yang bertujuan untuk membuka data pemerintahan untuk penggunaan umum. Situs web data.gouv.fr memiliki daftar tautan ke portal open data yang dioperasikan oleh negara lain seperti Saudi Arabia, Canada dan Korea Selatan.

Komisi Eropa juga sedang mengerjakan strategi open data Eropa yang seragam. di Eropa, Belgia, Inggris, Estonia, Irlandia, Italia, Moldova, Belanda, Norwegia, Austria dan Spanyol telah memiliki portal open data yang memberikan akses ke data pemerintahan. Di Jerman, inisiatif open data saat ini dibatasi ke proyek lokal seperti portal open data milik pemerintahan daerah Berlin. Desember tahun lalu, pemerintah Amerika Serikat yang mengawali open data telah mengopensource kan kode sumber piranti lunak dibalik data.gov.

Lalu kapan Indonesia akan memiliki data.go.id? kita tunggu saja semoga segera.

Via :

3 thoughts on “Perancis Meluncurkan Portal Open Data

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Linuxbox.web.id – Rangkuman Berita Linux & Open Source – 23 Januari – 27 Januari 2012 « POJOK LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *