Mozilla Merilis Versi 0.1 Bahasa dan Kompiler Rust

Mozilla telah merilis versi publik pertama kompiler dan tool pengembangan untuk bahasa Rust, yang dideskripsikan sebagai bahasa yang aman, concurrent, dan praktis. Menurut pengumuman tersebut, rilis pertama ini ditujukan bagi pengadopsi awal dan penghobi bahasa dan telah dideskripsikan oleh pengembang “Bagus, tetapi masih mungkin menggigit anda”. Rust merupakan bahasa pemrograman dan toolkit open source yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi klien server.

Meskipun sintaks Rust secara visual mirip C dan C tetapi secara sktruktural berbeda. Bahasa ini menekankan pada keamanan daripada performan dan menyediakan fitur memory safety precaution seperti tidak mengizinkan null atau pointer yang menggantung didalam kode karena biasanya memicu kondisi program yang dapat dieksploitasi. Rust juga memproteksi terhadap buffer overflows dengan menangani alokasi memori untuk programer dan didesain secara eksplisit dengan konkurensi dalam pembuatannya. Menurut FAQ Proyek, Mozilla menggunakan fitur-fitur ini untuk membuat sebuah eksperimen arsitektur peramban web terparalelisasi. Rust didesain oleh Graydon Hoare sebagai proyek sampingan dari tahun 2006 dan kemudian Mozilla terlibat didalamnya. Pertama kali diumumkan tahun 2010.

Dengan rilis pertama ini, tim Rust sekarang online casino secara aktif mengundang kontributor ke proyek. Hoare menjelaskan diblog nya “Anda bisa menulis program dan pustaka menarik sekarang dan kami ingin melihat orang yang suka berpetualang untuk mencobanya dan melihat apa yang terjadi”. Hoare juga memberikan catatan mengenai masalah yang sudah ditemukan termasuk dokumentasi yang belum lengkap, performa yang masih dibawah target serta bahasa dan API yang masih mungkin berubah. Kompiler dan tool tersedia baik untuk platform 32 bit maupun 64 bit untuk Windows, Mac OS X dan Linux dan dilepas dibawah lisensi MIT. Detail lebih lanju dapat anda baca di catatan rilis yang tersedia di github, tautan unduhan dapat ditemukan di pengumuman rilis. Situs eb proyek memiliki tutorial bagi pengembang yang berminat.

Via :

4 thoughts on “Mozilla Merilis Versi 0.1 Bahasa dan Kompiler Rust

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Hidayatun Ni'am Ridw

  4. Pingback: Linuxbox.web.id – Rangkuman Berita Linux & Open Source – 23 Januari – 27 Januari 2012 | Entahlah…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *