HUD Akan Menggantikan Menu di Ubuntu 12.04

Sponsor Ubuntu, Mark Shuttleworth memposting sebuah entri blog mengenalkan sebuah elemen GUI baru, The HUD, yang merupakan kependekan dari Head-Up Display, yang akan berjalan beriringan dengan menu aplikasi konvensional, tetapi kedepannya akan menggantikan menu-menu tesebut secara penuh. Menekan ALT akan memunculkan dialog box semi transparent yang mengambang diatas aplikasi dimana penguna cukup mengetikkan apa yang ingin mereka lakukan. HUD akan mencari opsi menu yang relevan dan men menampilkan daftar menu yang dapat dipilih oleh pengguna.

Berikut Video yang menunjukkan penggunaan HUD :

Saat ini HUD terdiri atas fungsi pencarian yang melakukan pencarian ke menu baik di aplikasi GTK maupun Qt (termasuk seluruh aplikasi GNOME dan KDE). HUD akan mempelajari opsi mana yang paling sering dipilih oleh pengguna dan akan beradaptasi dengan preferensi pengguna sehingga akan memberikan pilihan yang tepat. Seharusnya cukup mudah untuk mengimplementasikan kontrol dengan suara untuk HUD tetapi saat ini masih berupa topik untuk pengembangan lebih lanjut.

Shuttleworth menambahkan bahwa dalam bentuknya saat ini HUD merupakan solusi efektif untuk melakukan fungsi utama menu, mengeksekusi fungsi tertentu aplikasi dimana pengguna sudah familiar. Ini akan menghemat kebutuhan penguna untuk melakukan navigasi menu dengan mouse dan memilih fungsi aplikasi yang diinginkan. Setting misalnya, kita tidak selalu hafal apakah ada di bawah menu Edit, Tools, atau Options sehingga kita harus mencoba mengklik satu-per-satu dimana setting berada. Saat ini HUD belum bisa mengggantikan fungsi menu untuk menunjukkan seluruh fungsi aplikasi teteapi shuttleworth percaya apabila ini bisa dilakukan maka menu dapat dihilangkan secara penuh

Apabila anda penasaran dengan hal teknis dibalik ini, Ted Gould memberikan sebuah overview mengenai bagaimana HUD mengumpulkan dan melakukan pencarian di menu. Ia menggunakan data Dbusmenu yang digunakan oleh Ubuntu 11.10 untuk membuat menu global saat ini. Ini berarti bahwa aplikasi apa saja yang dapat bekerja dengan global menu dapat bekerja dengan HUD. Pencocokan data dilakukan dengan Levenshtein distance yang membuat lebih kecil kemungkinan kesalahan karena kesalahan ketik. Pilihan yang biasa dipilih kan diingat oleh HUD di database sqlite dan digunakan untuk menawarkan pilihan (yang lebih tepat) dimasa yang akan datang.

Via :

4 thoughts on “HUD Akan Menggantikan Menu di Ubuntu 12.04

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Ngoprek Sampai Mati :: Rangkuman Berita Linux & Open Source - 23 Januari - 27 Januari 2012 :: January :: 2012

  4. Pingback: Linuxbox.web.id – Rangkuman Berita Linux & Open Source – 23 Januari – 27 Januari 2012 « POJOK LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *