Cinnamon, Fork GNOME Shell Mencapai Rilis Stabil

Versi 1.2 of Cinnamon, fork GNOME Shell yang dilakukan oleh Linux Mint, telah dirilis dan API serta antarmuka desktop telah dideklarasikan stabil penuh oleh Pendiri Minte Clement Lefebvre. Dibuat akhir tahun lalu untuk mempersingkat perubahan yang dilakukan oleh pengembang Mint ke lingkungan GNOME 3. Fork Cinnamon membawa elemen desain GNOME 2 yang familiar ke GNOME 3 shell. Diantara beberapa perbaikan pada versi stabil ini adalah kemudahan untuk melakukan kustomisasi lewat tool Cinnamon Settings yang menyertakan, sebagai contoh, kemampuan untuk mengeset format tanggal untuk applet kalendar dan mengubah ikon panel launcher

Tool setting ini juga merupakan cara mengkonfigurasi applet Cinnamon yang merupakan fitur baru yang ditambahkan di versi 1.2, yang saat ini memberikan support untuk desktop untuk aksesibilitas, recent documents, Removable Drives, Trash dan kontrol monitor XRandR. Applet merupakan bentuk yang lebih baik dari ekstensi jika dibandingkan dengan eksteksi milik GNOME 3. Lefebvre menjelaskan bahwa pengembang merencakan bahwa seluruh komponen panen harus menjadi applets dan menghalangi pengembang lain dari menulis ekstensi kecuali untuk kebutuhan lanjutan.

Desktop yang ada hadir dengan tiga pilihan layout dekstop. Layout Tradisional menawarkan online casino bar tunggal dibawah layar dengan menu utama, launcher, taskbar, dan system tray dengan applets, sementara layout Flipped menempatkan bar tersebut dibagian atas layar.
Sebuah layout Classic menggunakan sebuah bar diatas dengan menu utama, launcher dan system tray dan bar dibawah dengan sytle lebih mirip GNOME 2. Menu utama itu sendiri telah diperbaiki sehingga ketika melakukan pencarian, menekan enter akan meluncurkan apa yang ada di hasil pertama pencarian dan kehilangan hasil pencarian secara tidak sengaja karena anda menggeser mouse ke kategori akan lebih sulit terjadi.

Desktop mendukung berbagai animasi dan gaya transisi sebagai bagian dari efek desktop yang dapat dikonfigurasi dengan tool setting. Dibawah desktop terdapat compositing window manager baru, Muffin, yang merupakan fork dari Mutter window manager.

Perubahan lainnya membuat Cinnamon tidak kompatibel dengan tema GNOME 3 shell tetapi sudah ada beberapa tema yang tersedia untuk Cinnamon. Kode sumber dan instruksi mengenai bagaimana melakukan instalasi Cinnamon di Linux Mint 12, Ubuntu 11.10, Fedora 16, OpenSUSE 12.1, Arch Linux dan Gentoo tersedia di halaman unduh Cinnamon. Cinnamon sendiri dilepas dengan lisensi GPLv2 atau yang lebih baru.

Via :

3 thoughts on “Cinnamon, Fork GNOME Shell Mencapai Rilis Stabil

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Linuxbox.web.id – Rangkuman Berita Linux & Open Source – 23 Januari – 27 Januari 2012 « POJOK LINUX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *