CIO Extremadura Berencana Memasang Linux di 40.000 Desktop

CIO daaerah Otonomi Extremadura di Spanyol menyatakan rencananya untuk memigrasikan 40.000 desktop komputer administrasi ke distribusi debian. Menurut sebuah laporan di “joinup” Komisi Eropa, CIO Teodomiro Cayetano López menjelaskan bahwa proyek ini sangat besar dan pemasangan akan dimulai musim semi dan akan selesai akhir tahun ini.

Extremadura baru saja menghentikan proyek distribusi LinEx, distribusi custom berbasis debian yang digunakan di lebih dari 70,000 komputer di sekolah dan universitas dan 15,000 komputer di lembaga pelayanan kesehatan. Cayetano López menjelaskan bahwa deployment ini akan berbasis distribusi Debian yang digunakan oleh bagian layanan kesehatan masyarakat yang telah menggunakannya selama lima tahun. Dia juga menambahkan bahwa ini merupakan titik awal yang baik untuk mengadopsi Debian untuk kebutuhan pengguna secara umum dan sesuai dengan standar keamanan ISO/IEC 27001. Akan membutuhkan waktu tiga bulan untuk menyiapkan distribusi Debian dan sekitar satu tahun untuk melakukan pemasangan diseluruh komputer, diawali dengan kantor pusat pemerintahan dan diikuti dengan seluruh bagian di daerah tersebut.

“Dan tentu saja Gratis, karena anggaran kami untuk proyek ini nol euro”, tambah Cayetano López setelah menekankan bahwa desktop harus aman dan mudah digunakan, tanpa virus dan masalah keamanan lainnya. Proyek ini akan menjadi proyek terbesar kedua untuk pemasangan Linux di komputer yang digunakan untuk pelayanan publik setelah proyek Gendarmerie di Perancis yang memasang 90.000 desktop. Proyek Limux dari Munich sendiri baru memigrasikan 9000 desktop dari rencana awal 12.000 hingga 15.000 sistem sejak tahun 2003.

Via :

3 thoughts on “CIO Extremadura Berencana Memasang Linux di 40.000 Desktop

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

  3. Pingback: Linuxbox.web.id – Rangkuman Berita Linux & Open Source – 23 Januari – 27 Januari 2012 | Entahlah…….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *