OpenNebula 3.2 Menambahkan Dukungan VMware out-of-the-box

Tim Pengembang OpenNebula, toolkit komputasi awan open source telah mengumumkan rilis versi 3.2 piranti lunak ini yang menambahkan dukungan untuk Xen dan KVM dan dukungan out-of-the-box ntuk VMware termasuk live migration, manajemen jaringan dan image, dan kontekstualisasi otomatis(setting parameter berdasarkan host dan aturan lainnya).

Rilis ini juga menyertakan beberapa add-on C12G diintegrasikan kedalam toolkit OPenNebula yang sebelumnya hanya tersedua di OpenNebulaPro yang didukung secara komersial oleh C12G. Rilis OpenNebula dinamai sesuai dengan Nebula dan versi 3.2 diberi nama “Red Spider”, diambil dari Red Spider Nebula.

Diantara beberapa perbaikan pada versi baru ini adalah portal layanan mandiri berbasis web untuk lingkungan dimana pengguna diizinkan untuk membuat sumber daya komputasi, penyimpanan, dan jaringan sendiri atau untuk membuat administrasi lebih mudah. Manajemen pengguna dan grup sekarang lebih mudah untuk berbagi sumber daya virtual, selain itu terdapat perbaikan keamanan dan juga menyelesaikan masalah yang sudah diketahui, termasuk driver otentikasi yang telah diupdae sehingga bekerja leih baik. Perubahan lainnya termasuk driver baru untuk melakukan setup jaringan untuk mesin virtual dan dukungan untuk “Data Center Placement Policies” seperti packing (memastikan sesedikit mungkin node yang digunakan), striping (memisahkan VM ddalam kulster) dan load-aware(menggunakan node yang paling sedikit digunakan). Detail lebih lanjut dapat anda baca di catatan rilis.

OpenNebula 3.2 digunakan oleh organisasi seperti European Space Agency, KPMG, Fermilab, Logica, China Mobile dan CERN. Katalog ekosistem OpenNebula mendaftar tool lain, plugin dan ekstensi yang tersedia untuk platform. Rilis 3.2 ini dapat anda unduh (registrasi opsional) dari situs web proyek dan tersedia baik sebagai kode sumber maupun paket binari untuk CentOS 6.0, Ubuntu 10.04, OpenSUSE 11.4 dan Debian 6.0.2.

Via :

2 thoughts on “OpenNebula 3.2 Menambahkan Dukungan VMware out-of-the-box

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.