Samsung Akan Menggabungkan bada dengan Tizen

Seorang Senior VP Samsung menyatakan bahwa perusahaan ini sedang mengusahakan menggabungkan bada dan Tizen“. Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, Tae-Jin Kang, SVP Tim Perencanaan Konten Samsung menjelaskan bahwa sebuah usaha pengembangan integrasi dua platform ini ketika selesai akan memungkinkan Tizen untuk menjalankan aplikasi yang dibuat dengan SDK bada dan memasukkan kompatibilitas balik dengana aplikasi bada sebelumnya. Platform gabungan ini akan berjajar dengan Android, Windows Phone 7, ChromeOS, Windows dan bada dalam strategi sistem operasi milik Samsung.

Laporan ini tidak menjelaskan apakah pengembangan yang dilakukan Samsung ini akan digabungan dengan Tizen sebagai open source atau hanya akan diintegrasikan ke produk Samsung. Tizen sendiri merupakan merger proyek yang administrasinya ditangani oleh Linux Foundation dan disponsori oleh Intel, MeeGo dan SLP (Samsung Linux Project) Milik Samsung. MeeGo mencari sponsor baru setelah Nokia mengundurkan diri menjadi sponsor karena akan fokus pada device Windows 7 milik mereka.

Fokus Tizen adalah menjalankan aplikasi berbasis HTML5 dan bekerja sama dengan WAC (Wholesale Applications Community), platform untuk aplikasi dan widget mobile yang dikembangkan oleh carrier. Tizen belum dirilis untuk device apapun meskipun beberapa hari lalu sudah merilis preview SDK.

Bada yang diluncurkan tahun 2009 merupakan middleware untuk aplikasi mobile yang bisa berjalan di Linux tetapi sampai saat ini yang muncul di device yang telah diproduksi hanya device yang menjalankan RTOS proprietari, Device bada biasanya dipasarkan di pasar non-US dan memiliki pasar smartphone sekitar 2%. Samsung berharap integrasi ini akan mengijinkan komunitas pengembang bada yang sudah ada untuk pindah ke Tizen dimasa yang akan datang sejalan dengan rencana samsung menyederhanakan sistem operasi yang dipaketkan dengan device yang dipasarkan.

Komentar Kang menjelaskan bahwa integrasi ini bukan berarti akhir dari bada, karena Samsung masih mempertimbangkan bada untuk telepon dengan daya rendah dan Tizen dengan support bada untuk device yang lebih powerful. Rencananya tahun ini Tizen akan ada di satu atau dua device samsung tahun ini tetapi tidak akan menjadi platform utama Samsung dalam waktu dekat.

via :

2 thoughts on “Samsung Akan Menggabungkan bada dengan Tizen

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.