Gambas 3.0 Hadir Dengan Perbaikan Bug Dan Penutupan Celah Keamanan

Tim pengembang Gambas mempublikasikan versi 3.0 lingkungan pengembangan BASIC untuk Linux beberapa saat sebelum pergantian tahun baru 2012 lalu yang menurut mereka cukup tepat waktu dimana mereka menjanjikan versi ini akan dirilis tahun 2011. Gambas memungkinkan pengguna menulis aplikasi dalam versi BASIC yang telah dikembangkan sehingga mereka bisa menggunakan antarmuka grafis Qt4 atau GTK , berkomunikasi lewat D-Bus, menggunakan OpenGL, dan mengakses database seperti MySQL, PostgreSQL dan SQLite.

Versi yang baru saja dirilis ini berisi cukup banyak perubahan yang tidak kompatibel dimana program yang ditulis untuk Gambas 2 harus disesuaikan agar dapat berjalan di Gambas 3.0. Terdapat penjelasan mengenai perbedaan ini termasuk contoh perubahan yang harus dibuat di kode program.

Fitur utama rilis ini termasuk penggunaan fungsi matematis khusus glibc, pencetakan angka floating point lebih baik dan update ke terjemahan dalam bahasa Perancis, Ceko, dan katalan. Dua celah keamanan juga sudah ditutup dan banyak sekali bug yang sudah diperbaiki. Detail lebih lanjut dapat anda baca di catatan rilis

Kode sumber GAMBAS tersedia untuk diunduh dari SourceForge dengan lisensi GPLv2. Paket Binari biasanya tersedia direpositori milik distribusi Linux.

Via :

2 thoughts on “Gambas 3.0 Hadir Dengan Perbaikan Bug Dan Penutupan Celah Keamanan

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.