Apache Hadoop Mencapai Versi 1.0

Tim Pengembang Apache Hadoop mengumumkan rilis versi 1.0 framework MapReduce dan platform komputerisasi terdistribusi. Hadoop menjadi pendekatan populer untuk menangani himpunan data yang besar dan pemrosesan kompleks karena kemampuannya untuk mengkoordinasi pendistribusian tugas ke ribuan node kompuer sebagai tugas yang lebih kecil (map) dan mengembalikan hasil pekerjaan dari node-node tersebut menjadi hasil yang terpadu (reduce). Data yang diproses disimpan dalam bentuk redundan diseluruh node.

Hadoop 1.0 dikembangkan dari cabang keamanan Hadoop 0.2.0, atau 0.20.205.0 secara spesifik. Rilis versi 1.0 ini disebutkan sudah stabil dan bisa diandalkan dalam skala besar, dengan instalasi sebanyak 50.000 node yang telah ada.

HBase, database “big data” Hadoop yang dimodelkan dari Bigtable sekarang terintegrasi di rilis 1.0 dan dukungan juga termasuk akses dengan performa yang lebih baik ke file lokal untuk database. Keamanan di node-node yang ada dilakukan dengan otentikasi berbasis Kerberos. Rilis 1.0 ini juga mendukung webhdfs dengan lapisan akses baca tulis HTTP. Anda bisa membaca catatan rilis untuk mengetaui detail perubahan, perbaikan dan peningkatan performa pada rilis ini.

Hadoop awalnya dikembangkan oleh Doug Cutting di Yahoo untuk mendukung mesin pencari Nutch, terinspirasi makalah MapReduce dan BigTable milik Google. Tahun 2006, Hadoop dikontribusikan ke Apache Software Foundation dimana Hadoop menjadi proyek mayor dalam ekosistem Apache. Memiliki banyak subproyek yang spesifik menyelesaikan masalah tertentu dalam komputerisasi terdistribusi ini. Beberapa perusahaan didirikan diseputar Hadoop seperti CloudEra dan Hortonworks (pecahan Yahoo). Beberapa perusahaan yang menggunakan Hadoop dan berkontribusi ke proyek ini diantaranya Facebook, StumbleUpon, eBay, LinkedIn, Twitter, IBM dan Adobe.

Beberapa varian Hadoop sedang dalam pengembangan. Rilis Hadoop 0.23 pada bulan November kemarin memperkenalkan implementasi MapReduce baru dengan nama YARN, yang saat ini masih dalam tahap alpha. Hadoop 0.22, yang dirilis awal Desember membawa beberapa fitur baru untuk platform MapReduce tetapi tidak menyertakan fitur keamanan. Berbagai rilis yang ada dapat anda unduh dari halaman Hadoop Common Releases.

Via :

2 thoughts on “Apache Hadoop Mencapai Versi 1.0

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.