Facebook Pakai HipHop Supaya PHP Ngebut

Facebook mengumumkan bahwa mereka mengembangkan mesin virtual untuk menjalankan aplikasi PHP dan telah mulai melakukan perpindahan dengan menggunakannya untuk pengembangan. Mesin virtual HipHop dibangun dari pengembangan yang telah dilakukan oleh Facebook sebelum-sebelumnya untuk memaksimalkan basis kode PHP yang digunakan.

Facebook menggunakan banyak kode PHP di sistemnya dan mencari optimalisasi performa untuk kode yang digunakan. Februari 2012, Facebook mempublikasikan versi pertama HipHop, sebuah kompiler kode PHP ke C (hphpc) yang sekarang digunakan oleh Facebook untuk memproduksi versi biner berperforma tinggi untuk aplikasi mereka. Disisi lain ini juga berarti Facebook harus mengembangkan interpreter mereka sendiri untuk HipHop PHP yang digunakan ketika melakukan proses pengembangan aplikasi yang dikenal dengan nama hphpi, sayangnya ini dilaporan dua kali lebih pelan daripada PHP.

Seiring dengan peningkatan performa, Facebook melakukan penelitian akan kemungkinan menggunakan penerjemahan dinamik ke kode native. Penelitian ini menghasilkan bentuk awal HipHop virtual machine (hhvm) yang direncanakan akan digunakan untuk seluruh eksekusi kode PHP. hhvm akan mengkompilasi kode PHP menjadi HHBC (HipHop Byte Code>/a>). Ketika dijalankan akan ada penerjemah dinamik dengan tracing sederhana untuk menghasilkan kode 64-bit x64/x86.

Kondisi hhvm saat ini disebutkan 60 persen lebih baik daripada interpreter HipHop, cukup cepat sehingga proses pengembangan telah dialihkan menggunakan hhvm. tapi ini belum berarti apa-apa karena jika dibandingkan dengan kode C yang telah dikompilasi performa interpreter saat ini baru 25%. Saat ini hhvm disebutkan sudah 90 persen selesai.

Kode hhvm sangat terintergasi dengan proyek HipHop lainnya dan dishare lewat repositori HipHop di GitHub. Kode hhvm dan keseluruhan proyek ini dilepas dibawah lisensi PHP dan Zend Lisence dan kontributor putensial harus menandatangani contributor Licensing Agreeement

Via :

One thought on “Facebook Pakai HipHop Supaya PHP Ngebut

  1. Pingback: lnxbox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.