Xtend 2.2 Tidak Bergantung Pada Eclipse

Versi 2.2 varian bahasa Java static typed Xtend telah dirilis dan memungkinkan pengembang menggunakan kompiler mandiri untuk kode mereka, hal ini berarti Xtend menjadi independen terhadap IDE Eclipse. Rilis baru ini juga mendukung kompilasi didalam build Maven. Penanganan ekseksi dikerjakan ulang dan fitur-fitur baru bahasa dtambahkan.

Dukungan untuk Maven dibuat berdasarkan pustaka runtime baru dan sebuah plugin yang didesain untuk integrasi dengan Maven. Karsten Thoms, arsitek piranti lunak untuk itemis, mendeskripsikan detail fitur ini dalam posting diblognya. Pengembang Xtend 2.2 juga menambahkan dukungan lebih lanjut untuk bahasa ini membuka kemungkinan untuk membuat bahasa spesfik domain tertentu dalam kaitannya dengan Xtext, framework pengembangan IDE, yang menjadi dasar Xtend.

Xtend di kembangkan oleh Sven Efftinge (kepala desainer), Sebastian Zarnekow (co-arsitek) dan tim. Xtend tetap mempertahankan model objek dan sistem tipe statik yang dikenal pengembang Java, tetapi menambahkan bahasa yang lebih kaya yang mendukung overloading operator, closures, multiple dispatch dan templating, semuanya didesan untuk membuat kode yang dikembangkan menggunakan Xtend lebih mudah dibaca dan dimaintain. Kode Xtend itu sendiri dikompilasi menjadi kode Java yang dapat dibaca yang kemudian dikompilasi menjadi bytecode Java.

Versi terbaru Xtend dapat diunduh sebagai paket dengan distribusi Xtext Eclipse dari itemis, meskipun saat ini masih menggunakan Xtext 2.1. Anda juga dapat mengundu dari Eclipse Marketplace

Via : h-online open

2 thoughts on “Xtend 2.2 Tidak Bergantung Pada Eclipse

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: Mingguan Open Source Edisi 1 | LinuxBox.Web.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.