Chrome Browser Paling Aman

Perusahaan peneliti keamanan Accuvant mempublikasikan studi yang disponsori oleh Google mengenai mekanisme keamanan peramban web populer. Studi ini menunjukkan bahwa Chrome menawarkan proteksi yang lebih baik dibandingkan Internet Explorer dan Firefox. Internet Explorer 9 lebih unggul dibandingkan Firefox. Bagaimanapun peneliti-peneliti ini tidak diyakinkan oleh filter URL yang dimiliki peramban web tersebut untuk mencegah pengguna mengakses situs mencurigakan.

Dalam laporan setebal 102 halaman tersebut, para ahli keamana mendeskripsikan dan membandingkan bagaimana peramban web secara individual mengimplementasikan mekanisme proteksi populer seperti Address Space Layout Randomization (ASLR) dan Data Execution Prevention(DEP). Mereka jua mengambil perhatian khusus terhadap sandboxking dan penguatan kompiler Just-In-Time(JIT) yang terintegrasi. Seluruh mekanisme ini dilakukan untuk mencegah ekslploitasi dari kekurangan yang ada.

Sandbox terintegrasi milik Google Chrome mendapat skor cukup baik, didesain untuk melindungi sistem terhadap potensi akses mencurigakan sebagai contoh konten mencurigakan atau plug-in yang menipu. Studi ini menyimpulkan bahwa Google Chrome menawarkan konsep yang cukup meyakinkan sementara Integrity Level milik Microsoft lebih sekedar patchy. Firefox tidak menawarkan fungsionalitas seperti itu.

Baik layanan pelaporan URL milik Microsoft maupun Google Safe Browsing List yang digunakan Firefox dan Chrome hanya mendeteksi 13 persen dari 3.000 URL mencurigakan.

Meskipun sebagian besar komunitas keamanan setuju dengan kesimpulan penelitian ini, hasil penelitian ini tetap harus diperlakukan dengan hati-hati. Meskipun Accuvant Labs memastikan pada pembaca bahwa penelitian dilakukan obyektif tetapi tetap harus di ingat bahwa penelitian ini didanai Google yang mungkin tidak akan mendanai tanpa motif tertentu.

Via : h-online open

One thought on “Chrome Browser Paling Aman

  1. Pingback: lnxbox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.