Btrfs dan Struktur Sistem File Baru Disejutui untuk Fedora 17

Anggota Fedora Engineering Steering Committee (FESCo), yang memutuskan aspek pengembangan teknis Fedora, menerima berbagai macam fitur baru yang diajukan oleh pengembang untuk versi 17 dari distribusi Linux yang pengembangannya didukung oleh Red Hat ini. Kondisi saat ini, proyek ini merencanakan untuk mencoba kembali mengganti file system default menjadi Btrfs pada versi ini yang dijadwalkan akan dirilis pada bulan Mei 2012. Perpindahakn ini sebelumnya sempat didiskusikan untuk Fedora 16 tetapi kemudian ditunda karena Bftfs tidak memenuhi beberapa kriteria penting untuk yang menginjinkan perpindahan ini. Sebagai contoh tool yang lebih baik dibutuhkan untuk melakukan cek dan perbaikan drive Btrfs, tool seperti ini akan terus menjadi syarat dan apabila tidak tersedia dapat menyebabkan Fedora menunda perpindahan ini.

Daftar fitur baru yang disetujui termasuk rencana untuk memasukkan seluruh aplikasi dan pustaka di direktori /usr/. Ini berarti bahwa direktori /lib/, /lib64/, /bin/ dan /sbin/ akan menjadi usang, tetapi untuk alasan kompatibilitas folder tersebut akan digantikan dengan symbolic links yang mengarah ke subdirektori yang tepat di /usr/.

Restrukturisasi ini memungkinkan snapshot filesystem secara atomik untuk dibuat ketika melakukan update, ini memungkinkan pengguna yang mengalami kesulitan untuk kembali ke versi lama tanpa kehilangan perubahan apapun yang terlah dibuat di folder /etc/ atau /var/. Ini juga akan membuat integrasi /usr/ lebih mudah dalam bentuk read-only atau akses ke folder /usr/ yang dishare oleh beberapa sistem. Direktori .user dapat disimpan pada drive terpisah tetapi harus dimount oleh initramfs ketika sistem dimulai. Pengembang membatalkan rencana awalnya untuk menghentikan pembedaan /usr/bin/ dan /usr/sbin/.

Dengan rilis versi 17 ini, pengembang Fedora merencanakan mengahapus ConsoleKit dan pada saat yang sama, mengenalkan dukungan multi-seat otomatis. Fedora 17 juga direncanakan akan menjalankan seluruh service sebagai unit service systemd dan GNOME shell akan dapat berjalan tanpa akselerasi 3D.

Via : h-online open

One thought on “Btrfs dan Struktur Sistem File Baru Disejutui untuk Fedora 17

  1. Pingback: lnxbox

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.