QEMU Versi 1.0 Dirilis

Setelah merilis empat kandidat rilis final, Proyek QEMU mengumumkan kehadiran versi 1.0 emulator bebas terbuka ini. QEMU dapat digunakan sebagai produk virtualisasi desktop standalone atau digunakan untuk melakukan emulasi perangkat keras guest, seperti papan berbasis ARM atau PC standard x86.

Update utama piranti lunak ini sekarang menggunakan thread terpisah untuk tiap VCPU dan menambahkan dukungan untuk CPU baru, emulasi SCSI juga lebih baik. Salah satu fitur eksperimental yang cukup menarik, alih-alih menghasilkan kode native yang dijalankan oleh sistem operasi, QEMU sekarang dapat membuat bytecode dan menjalankannya di interpreternya sendiri(Tiny Code Interpreter). Karena hal ini, hanya interpreter yang harus diadaptasi untuk host sistem lainnya, sedangkan generator kode nya tidak perlu. Platform virtualisasi KVM dan Xen menggunkan QEMU sebagai basis mesin virtual mereka dan mengambil manfaat dari fitur seperti live migration yang lebih baik dengan QCOW2 dengan shared memory. Bagaimanapun juga, QEMU tidak lagi cocok untuk solusi virtualisasi independen karena pengembangan modul akselerasi yang dibutuhkan telah dihentikan.

Informasi lebih lanjut mengenai rilis ini dapat anda baca di change log. QEMU 1.0 tersedia untuk diunduh dari situs proyek, dokumentasi juga disediakan. Kode sumber QEMU dilepad dibawah lisensi GPLv2.

Via : h-online open

2 thoughts on “QEMU Versi 1.0 Dirilis

  1. Pingback: lnxbox

  2. Pingback: muhammad panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.